√ Pengertian Seni Rupa

Seni rupa merupakan sebuah konsep atau nama dari salah satu cabang seni yang bentuk atau wujudnya terdiri dari unsur-unsur rupa yang berupa gbidang, garis, tekstur, bentuk, ruang dan warna.


Unsur-unsur rupa tersebut disusun dengan sedemikian rupa ke dalam sebuah pola tertentu. Bentuk dari karya seni rupa merupakan rangkaian dari keseluruhan unsur-unsur rupa yang disusun dalam sebuah komposisi atau struktur yang bermakna.


Unsur-unsur rupa tersebut tidak hanya sekedar akumulasi atau kumpulan beberapa bab yang tidak bermakna, namun dibentuk dengan memakai prinsip tertentu.


Makna dari sebuah bentuk karya seni rupa tidak ditentukan dengan sedikit atau banyaknya unsur yang membentuknya, melainkan dari sifat komposisi/struktur itu sendiri. Dengan kata lain kualitas dari keseluruhan sebuah karya seni lebih penting jikalau dibandingkan dengan jumlah bagian-bagiannya.


Jika ditinjau dari segi bentuk dan wujudnya, ialah seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi.


Seni rupa merupakan sebuah konsep atau nama dari salah satu cabang seni yang bentuk atau w √ Pengertian Seni Rupa

virvateschool.wordpress.com


Karya seni rupa dua dimensi merupakan sebuah karya seni rupa yang hanya memiliki dimensi lebar dan panjang saja atau sebuah karya yang hanya sanggup dilihat dari satu arah sudut pandang saja. Seperti seni grafis, seni ilustrasi, seni lukis, relief dan lain sebagainya.


Karya seni rupa tiga dimensi merupakan sebuah karya seni rupa yang memiliki dimensi lebar, panjang dan tinggi, atau sebuah karya yang memiliki volume dan menempati ruang. Seperti seni kriya, seni arsitektur, seni patung, seni keramik, dan banyak sekali macam desain produk lainnya.


Artikel terkait: Pengertian seni kriya beserta contohnya


Seni rupa jikalau ditinjau dari segi fungsinya sanggup kita kelompokkan menjadi dua, ialah seni rupa murni (fine art) dan seni rupa terapan (applied art).


Seni rupa merupakan sebuah konsep atau nama dari salah satu cabang seni yang bentuk atau w √ Pengertian Seni Rupa

omahgemibakulan.wordpress.com


Seni rupa murni merupakan cabang dari karya seni rupa yang dibentuk dengan mengedepankan unsur estetika saja dan hanya dipakai sebagai pemuas akan kebutuhan artistik.


Orang yang membuat karya seni rupa murni intinya hanya berfungsi sebagai media untuk mengekspresikan cita rasa estetik dan lebih mengutamakan Kebebasan berekspresi.


Artikel terkait: Pengertian dan teladan seni rupa murni


Seni rupa pakai atau seni terapan (applied art) merupakan cabang dari karya seni rupa yang dibentuk dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan praktis.


Dalam proses pembuatan karya seni rupa terapan lebih sulit dibandingkan dengan karya seni rupa murni. Hal tersebut dikaranakan, jikalau membuat karya seni rupa murni lebih bebas dibandingkan dengan membuat karya seni terapan yang lebih memperhitungkan fungsinya.


Artikel terkait: Pengertian dan teladan seni rupa terapan



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Seni Rupa"

Posting Komentar