Pengertian Metamorfosis Dan Teladan Metamorfosis

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis merupakan proses perkembangan biologi yang terjadi pada binatang serta melibatkan perubahan penampilan secara fisik dan/atau struktur sesudah penetasan atau kelahiran. Perubahan fisik sanggup terjadi tanggapan adanya pertumbuhan sel dan differensiasi sel yang secara radikal berbeda.

Beberapa serangga, amfibi, echinodermata, mollusca, crustacea, dan tunicata mengalami proses metamorfosis tersebut dan biasanya disertai perubahan habitat atau tingkah laku. Dalam terjadinya metamorfosis membesarnya ukuran badan suatu binatang sanggup disebut proses pertumbuhan, sedangkan perubahan bentuk badan dari telur hingga ke cukup umur sanggup disebut proses perkembangan.

 Metamorfosis merupakan proses perkembangan biologi yang terjadi pada binatang serta melibatk Pengertian Metamorfosis dan Contoh Metamorfosis
Seiring dengan terjadinya proses pertumbuhan dan perkembangan suatu binatang akan mengalami perubahan dalam siklus hidupnya. Perubahan-perubahan tersebut terjadi secara periodik serta merupakan siklus hidup yang sejatinya sudah menempel pada hewan. Beberapa binatang akan mengalami bentuk yang sangat berbeda pada ketika binatang tersebut muda dan dewasa. Sedangkan yang lainnya memiliki bentuk yang sama saja, namun ukuran dan perkembangan organ yang berbeda. Siklus metamorfosis ini dipakai sebagai dasar pengelompokkan pada binatang serangga. Metamorfosis pada serangga dibedakan menjadi :

Metamorfosis Sempurna

 Metamorfosis merupakan proses perkembangan biologi yang terjadi pada binatang serta melibatk Pengertian Metamorfosis dan Contoh Metamorfosis
Metamorfosis tepat (Homometabola) merupakan suatu metamorfosis yang perkembangan individu suatu mahluk hidup dengan melalui tahap telur – larva – pupa – imago atau dewasa. Telur yang menetas akan menjadi larva dan larva tersebut menjadi kepompong kemudian bermetamorfosis imago atau serangga dewasa.

Larva merupakan ulat yang tumbuh serta khusus untuk makan dan mengalami molting beberapa kali, kemudian larva tersebut membungkus dirinya sendiri dalam kepompong dan akan menjadi pupa. Tahapan pada larva sangat berbeda dengan tahapan dewasa.

Pupa merupakan tahap jaringan larva mengalami pembelahan serta deferensiasi sel-sel yang sebelumnya belum aktif pada tahap larva menjadi organ tubuh. Akhirnya imago atau serangga cukup umur keluar dari kepompong. Contoh : nyamuk, kupu-kupu, dan lebah madu.

Metamorfosis Tidak Sempurna

 Metamorfosis merupakan proses perkembangan biologi yang terjadi pada binatang serta melibatk Pengertian Metamorfosis dan Contoh Metamorfosis
Metamorfosis tidak tepat (Hemimetabola) merupakan suatu metamorfosis yang melalui dari tahap telur yang menetas hingga menjadi nimfa, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi imago atau serangga dewasa.

Nimfa merupakan binatang muda yang cukup seakan-akan dengan binatang cukup umur namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Nimfa akan mengalami molting atau pergantian kulit, setiap kali sesudah molting binatang tersebut kelihatan lebih seakan-akan dengan binatang dewasa. Contoh metamorfosis tidak tepat : kecoa, jangkrik, dan belalang.

Itulah pengertian metamorfosis, metamorfosis sempurna, dan metamorfosis tidak sempurna.
Sumber http://woocara.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Metamorfosis Dan Teladan Metamorfosis"

Posting Komentar