Pemetaan Kerentanan Air Tanah (Mapping Groundwater Vulnerability) Cekungan Air Tanah Palu Menurut Agihan Spasial Sistem Akuifer

ABSTRAK


Zeffitni














Jurusan Teknik Sipil, Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta Km 9. Palu, Sulawesi Tengah


Email: zefitni_04@yahoo.com


Kebijakan administrasi pemanfaatan air dari sumber air tanah, pada prinsipnya harus tetap memperhatikan aspek kualitas dan lingkungan fisik (physical environment) air tanah, serta perlindungan terhadap kontaminan kimia air tanah. Pemetaan kerentanan air tanah (mapping groundwater vulnerability) Cekungan Air tanah (CAT) Palu merupakan salah satu upaya untuk administrasi pemanfaatan air yang sempurna di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk memilih titik kerentanan air tanah menurut agihan spasial sistem akuifer menurut integrasi pendekatan geomorfologi dan geologi. Metode analisis data terdiri dari: 1). Analisis spasial dan kelingkungan (spasial ecological) dan 2). Analisis teknis. Analisis ini ditujukan untuk mengetahui agihan air tanah dengan satuan bentuklahan sebagai satuan evaluasi. Proses analisis ini dilakukan dengan cara interpretasi gambaran satelit yang dilanjutkan dengan pengecekan lapangan untuk menyusun peta satuan bentuklahan. Proses pemetaan memakai Sistem Informasi Geografis PC Arc/Info, yang penyajiannya dengan memakai Arc View GIS versi 3.3, Map Info Discover versi 6.0, Globe Mapper versi 9.0, Rockworks versi 2002 dan Surfer versi 8.0. Hasil penelitian menawarkan bahwa konfigurasi sistem akuifer CAT Palu terdiri atas sistem akuifer dataran aluvial sebagai sistem akuifer utama dan perbukitan denudasional. CAT Palu dibagi atas cekungan air tanah bab timur dan barat, yang pisahkan oleh Sungai Palu. Cekungan Palu merupakan batas pemisah pedoman air permukaan atau merupakan batas DAS Palu. Secara geomorfologi merupakan batas lateral cekungan dan secara geologi merupakan batas vertikal pedoman air tanah (flow-controlled boundaries). Hasil pemetaan kualitas air tanah menandakan bahwa pada beberapa titik pengamatan zona penurapan air tanah di Kota Palu masih dalam kategori aman. Namun demikian administrasi air tanah Kota Palu harus tetap mempertimbangkan prinsip keseimbangan air (water balance).


Baca File Lengkap: DOWNLOAD DISINI













Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pemetaan Kerentanan Air Tanah (Mapping Groundwater Vulnerability) Cekungan Air Tanah Palu Menurut Agihan Spasial Sistem Akuifer"

Posting Komentar