Optimalisasi Besar Lengan Berkuasa Tekan Self-Compacting Concrete Dengan Cara Trial-Mix Komposisi Agregat Dan Filler Pada Gabungan Adukan Beton

ABSTRAK


Pembatasan nilai faktor air-bahan perekat, pengendalian komposisi agregat, penggunaan superplasticizer dan filler merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan dalam produksi self-compacting concrete (SCC).


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui komposisi antara agregat bernafsu dan agregat halus yang optimum pada beton yang tergolong SCC dan persentase optimum dalam melaksanakan substitusi adukan beton dengan serbuk bata merah yang difungsikan sebagai filler dalam proses produksi SCC.


 penggunaan superplasticizer dan filler merupakan faktor utama yang perlu diperhatikan dal Optimalisasi Kuat Tekan Self-Compacting Concrete Dengan Cara Trial-Mix Komposisi Agregat Dan Filler Pada Campuran Adukan Beton


Studi eksperimental dilakukan di laboratorium dengan faktor air-bahan perekat sebesar 0,40. Komposisi antara agregat bernafsu dan agregat halus dirancang dalam beberapa variasi yaitu; 2:1, 1,5:1, 1:1, 1:1,5 dan 1:2, sesudah diketahui nilai perbandingan agregat yang optimum selanjutnya dilakukan pengujian variasi dosis filler.


Substitusi filler berupa serbuk bata merah diberikan dengan dosis 1/10, 1/5, 1/3 dan 1/2 dihitung menurut jumlah binder yang diperlukan. Sifat beton segar diuji dengan metode modified slump test sedangkan pengujian besar lengan berkuasa tekan beton dilakukan pada 90 benda uji berbentuk silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm pada umur 3, 7 dan 28 hari.


Hasil penelitian menunjukkan komposisi agregat yang optimum ditinjau dari sifat beton segar dan besar lengan berkuasa tekan beton sanggup dicapai pada penggunaan pasir dan batu dengan komposisi 1 : 1. Pemanfaatan serbuk bata merah sebagai filler pada SCC sanggup meningkatkan besar lengan berkuasa tekan beton, di mana dosis substitusi semen yang optimum dicapai pada penggunaan serbuk bata merah sebesar 10% yang ditunjukkan dengan besarnya besar lengan berkuasa tekan pada umur 28 hari ialah 54,14 MPa


Laju perkembangan besar lengan berkuasa tekan SCC dengan serbuk bata merah akan lebih lambat kalau dibandingkan dengan SCC yang tidak memakai serbuk bata merah.


Untuk mengunduh full papernya klik d0wnl0ad



Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Optimalisasi Besar Lengan Berkuasa Tekan Self-Compacting Concrete Dengan Cara Trial-Mix Komposisi Agregat Dan Filler Pada Gabungan Adukan Beton"

Posting Komentar