Mikrohidro: Listrik Dihasilkan Oleh Energi Air.

 Pernahkah kau melihat listrik yang dihasilkan oleh tenaga air Mikrohidro: Listrik dihasilkan oleh Energi Air.

http://staging.fajar.co.id


BelajarSipil.com – Pernahkah kau melihat listrik yang dihasilkan oleh tenaga air? Kalo iya, ibarat apakah bentuknya? Apakah airnya dialirkan untuk memutar turbin dan dari turbin itu dihasilkan listrik? Ya, ibarat itulah kira-kria sedikit citra energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga air. Air yang dipakai umumnya ialah air yang mengalir pada sungai atau air yang mengalir deras pada terjunan. Pada umumnya sanggup atau tidak digunakannya tenaga air untuk menghasilkan listrik dipengaruhi oleh besar kecilnya debit air yang dihasilkan oleh pemikiran sungai/air.


Secara umum tenaga air ini dinamakan dengan energi air. Energi air ialah energi yang intinya memanfaatkan energi potensial gravitasi. Energi mekanik pemikiran air yang merupakan transformasi dari energi potensial gravitasi dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin atau kincir. Umumnya turbin digunakan untuk membangkitkan energi listrik sedangkan kincir untuk pemanfaatan energi mekanik secara pribadi dan dari energi mekanik tersebut dikonversi menjadi energi listrik. Untuk mendapat energi mekanik pemikiran air ini, perlu beda tinggi air yang diciptakan dengan menggunakan bendungan. Akan tetapi dalam menggerakkan kincir, pemikiran air pada sungai dapat dimanfaatkan saat kecepatan alirannya memadai (anonim,2004).


 Pernahkah kau melihat listrik yang dihasilkan oleh tenaga air Mikrohidro: Listrik dihasilkan oleh Energi Air.

http://darwin1797.files.wordpress.com/


Pemanfaatan energi air dalam skala kecil sanggup berupa penerapan kincir air dan turbin. Dikenal ada tiga jenis kincir air menurut sistem pemikiran airnya, yaitu : overshot, breast-shot, dan under-shot. Pada kincir overshot, air melalui atas kincir dan kincir berada di bawah pemikiran air. Air memutar kincir dan air jatuh ke permukaan lebih rendah. Kincir bergerak searah jarum jam. Pada kincir breast-shot, kincir diletakkan sejajar dengan pemikiran air sehingga air mengalir melalui tengah-tengah kincir. Air memutar kincir berlawanan dengan arah jarum jam. Pada kincir under-shot, posisi kincir air diletakkan agak ke atas dan sedikit menyentuh air. Aliran air yang menyentuh kincir menggerakkan kincir sehingga berlawanan arah dengan jarum jam. Pemanfaaan enegi listrik skala kecil dengan memakai turbin misalnya ialah mikrohidro.


Apa itu Mikrohidro? Kita bahas di postingan berikutnya. Nantikan ya, 😀



Sumber https://www.belajarsipil.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mikrohidro: Listrik Dihasilkan Oleh Energi Air."

Posting Komentar