Manfaat Si Mungil Buah Dewandaru

 buah mungil dengan bentuk yang menarik ibarat ceremai Manfaat Si Mungil Buah Dewandaru
Dewandaru, buah mungil dengan bentuk yang menarik ibarat ceremai, yang membedakan yaitu buah ceremai berwarna tetap dan seragam (hijau kekuningan) sementara dewandaru berwarna-warni sesuai tingkat kematangan.

Dewandaru (Eugenia Uniflora) merupakan tumbuhan pohon yang berasal dari keluarga Myrtaceae dan masih berkerabat bersahabat dengan tumbuhan jambu air. Tanaman ini aslinya berasal dari daerah pantai timur Amerika Selatan. Nama dewandaru sendiri berarti ‘pembawa wahyu dewa’ dan banyak ditanam sebagai tumbuhan pagar.


Di Indonesia, dewandaru dikenal pula dengan nama ciremai londo, asam selong, Surinam cherry, blimbing londo, dan Brazil cherry. Buah dewandaru merupakan buah buni berbentuk bundar dan berwarna merah renta sampai merah kehitaman dengan permukaan yang berlekuk.


 buah mungil dengan bentuk yang menarik ibarat ceremai Manfaat Si Mungil Buah Dewandaru
Buahnya dewandaru yang berukuran kecil-kecil ini ternyata mempunyai banyak khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Daftar Tanaman Obat Lengkap Beserta Gambar Dan Khasiatnya


Khasiat dan Manfaat Dewandaru


Buah dewandru mempunyai banyak senyawa yang baik bagi tubuh. Salah satu kandungan tersebut yaitu senyawa flavonoid dan fenolik. Ada juga kandungan monoterpenes, beta-pinene, trans-beta-ocimene, cisocimene, dan selina-1,3,7(11)-trien-8-one.


Berikut manfaat dewandaru yang berhasil kami sadur:


1. Penangkal radikal bebas


Buah dewandaru bisa mencegah kerusakan oksidatif dari proses radikal bebas. Kerusakan oksidatif ini sulit diatasi oleh antioksidan lain dalam badan manusia. Selain untuk mencegah radikal bebas, buah dewandru juga mempunyai khasiat yang baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan sel tumor.


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah dewandru mempunyai kemampuan sebagai antioksidan. Hal tersebut alasannya buah dewandru mengandung senyawa karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Ternyata tidak hanya buahnya saja, senyawa karotenoid pun terkandung di dalam daunnya.


2. Antibakteri


 buah mungil dengan bentuk yang menarik ibarat ceremai Manfaat Si Mungil Buah Dewandaru
Dewandaru bisa dimakan segar dan bisa juga diolah menjadi selai.

Sifat antibakteri yang terkandung dalam biji buahnya mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit pencernaan, terutama diare. Menurut sebuah penelitian, kandungan protein dalam biji buah dewandaru bermanfaat sebagai antikuman yang sanggup menghambat pertumbuhan kuman dalam perut, terutama kuman penyebab diare.


3. Pereda sakit


Khasiat lain dari buah dewandru yang belum banyak diketahui orang yaitu sebagai pereda rasa sakit. Daun tumbuhan dewandru mengandung minyak atsiri yang sanggup dipakai sebagai penghilang rasa sakit, mirip nyeri rematik dan nyeri sendi.


4.Mengobati hipertensi


Daun dan buah dewandru sanggup dimanfaatkan sebagai herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.


5. Mencegah kanker


Manfaat lain yang didapatkan dari buah dewandaru ini yaitu sebagai pencegah kanker. Buah dewandaru dipercaya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker yang keberadaannya sangat mengancam keberlangsungan hidup manusia.


6. Kayu dewandaru sebagai materi kerajinan tangan


Selain buah dan daunnya, ternyata penggalan kayu dari tumbuhan dewandaru sering juga dijadikan aksesoris, mirip gelang, kalung, cincin, dan tasbih. Aksesoris tersebut biasanya dijual oleh para pengrajin di tempat-tempat wisata sebagai oleh-oleh.


 buah mungil dengan bentuk yang menarik ibarat ceremai Manfaat Si Mungil Buah Dewandaru
Salah satu hasil kerajinan tangan yang terbuat dari kayu pohon dewandaru.

Sekian info mengenai manfaat buah dewandru. Buah yang mungil ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi tubuh.


Jika berminat, kami juga menyediakan bibit tumbuhan dewandaru yang siap melengkapi tumbuhan buah Anda di pekarangan rumah. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda 🙂 .



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Si Mungil Buah Dewandaru"

Posting Komentar