Manfaat Dan Khasiat Minyak Bunga Calendula Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bunga calendula biasanya berwarna kuning hingga jingga cerah Manfaat dan Khasiat Minyak Bunga Calendula untuk Kesehatan dan Kecantikan
Bunga calendula biasanya berwarna kuning hingga jingga cerah. Kelopak bunganya biasa dimanfaatkan untuk dijadikan minyak.

Anda mungkin sering memuji keindahan tanaman hias bunga calendula yang mekar di taman, namun apakah Anda pernah berpikir bahwa calendula mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Mahkota bunga calendula biasa diolah menjadi minyak dan teh yang banyak dipakai dalam dunia kesehatan dan kecantikan, bahkan tidak jarang yang menggunakannya sebagai gabungan dalam masakan menyerupai salad. Nah, kali ini kami akan membahas mengenai manfaat minyak calendula. Yuk, disimak.


Bunga calendula dikenal juga sebagai bunga pot marigold dan aslinya berasal dari Mediterania. Calendula adalah genus dari 12-20 spesies tumbuhan bunga. Tanaman ini termasuk dalam famili Asteraceae (keluarga bunga aster).


Bunga calendula biasanya berwarna kuning hingga jingga cerah Manfaat dan Khasiat Minyak Bunga Calendula untuk Kesehatan dan Kecantikan
Ilustrasi cara menciptakan minyak calendula.

Cara menciptakan minyak calendula yaitu dengan merendam kelopak bunganya dalam minyak zaitun. Kemudian masukkan dalam toples dan tutup rapat. Kocok setiap hari selama 15 hari, kemudian saring minyaknya. Biasanya minyak calendula berwarna jingga keemasan. Minyak calendula dipercaya mempunyai dampak menenangkan dan menyembuhkan. Sejak zaman Mesir Kuno, minyak calendula telah dipakai sebagai pengobat penyakit kulit.


Manfaat Minyak Calendula untuk Kesehatan


Bunga calendula biasanya berwarna kuning hingga jingga cerah Manfaat dan Khasiat Minyak Bunga Calendula untuk Kesehatan dan Kecantikan
Minyak calendula mempunyai kandungan yang berdampak baik pada pengobatan problem kulit dan infeksi.

Minyak bunga calendula mempunyai sifat antiinflamasi, antijamur, antiseptik, antimikroba, antispasmodik, dan antibakteri. Biasanya minyak calendula dipakai untuk mengobati ruam kulit, luka (juga luka bakar), ruam kulit, radang, iritasi kulit, kulit kering, dan kulit pecah-pecah. Minyak calendula pun sering dipakai untuk mengurangi nanah tanggapan keseleo otot atau memar.


Ia juga dipercaya bisa mengobati sakit pada kaki, gigitan serangga, dan luka kecil, mengobati ruam tanggapan popok pada bayi, mengobati kram perut, sembelit, sakit perut, dan perut kembung, mengobati eksim, dermatitis, dan psoriasis, mengobati gatal, kurap, dan kutu air, mengurangi varises, kaligata, dan borok kaki, meringankan peradangan pada tangan yang terkena suhu hambar ekstrem. Minyak calendula sanggup meningkatkan produksi kolagen yang bisa mencegah pembentukan jaringan bekas luka.


Manfaat Minyak Calendula untuk Kecantikan


Dalam dunia kecantikan, minyak calendula dipakai sebagai materi embel-embel lotion, salep, krim, dan kosmetik lainnya. Minyak calendula juga dipakai dalam gabungan aromaterapi.


Berikut manfaat minyak calendula untuk kecantikan kulit dan rambut:


Mencegah penuaan dini


Kulit kering tidak hanya menciptakan penampilan kurang menarik tapi juga berdampak terhadap penuaan dini. Calendula dengan sifat restoratifnya bisa menghidrasi kulit dan memperbaiki kulit rusak. Minyak calendula juga bisa dipakai pada kawasan halus di sekitar mata.


Mencegah Jerawat


Sifat antibakteri dalam minyak bunga calendula dapat membantu membersihkan basil di pori-pori kulit penyebab jerawat.


Mengobati Dermatitis


Calendula sanggup mencegah terjadinya dermatitis yang disebabkan lantaran paparan terapi radiasi.


Bunga calendula biasanya berwarna kuning hingga jingga cerah Manfaat dan Khasiat Minyak Bunga Calendula untuk Kesehatan dan Kecantikan
Minyak calendula mengandung sifat regeneratif yang membantu folikel rambut tumbuh dengan sehat.

Menghilangkan ketombe


Minyak calendula sering dipakai untuk melembabkan kulit kepala dan menghilangkan ketombe. Dengan memijat kulit kepala dengan minyak calendula, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada rambut yang berketombe.


Membantu Pertumbuhan Rambut


Ketombe yaitu salah satu penyebab utama rambut rontok. Penyebab lainnya yaitu kulit kepala yang rusak. Minyak ini bisa menyembuhkan kedua kondisi ini dengan menciptakan rambut Anda untuk tumbuh lebih kuat.


Itulah warta mengenai minyak calendula dan manfaat-manfaatnya. Kami juga menyediakan banyak sekali jenis benih calendul yang bisa Anda tanam di rumah. Selain sebagai tumbuhan hias, bisa juga sebagai tanaman obat bukan?



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Minyak Bunga Calendula Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar