Cara Menghitung Pendapatan Per Kapita Yang Benar

Rumus GNP – Dalam kesempatan kali ini saya akan menawarkan isu mengenai cara menghitung pendapatan per kapita dan beserta rumus yang digunakan.

Pendapatan perkapita tidak sanggup dilihat dari sebuah kemakmuran negara melalui besar kecilnya GDP atau GNP. Hal itu dikarenakan GDP dan GNP tidak sanggup memperlihatkan berapa jumlah penduduk yang termasuk dalam GDP dan GNP tersebut.

 Dalam kesempatan kali ini saya akan menawarkan isu mengenai cara menghitung pendapa Cara Menghitung Pendapatan Per Kapita Yang Benar

Pendapatan Per Kapita

Tingkat kemakmuran suatu negara tidak hanya dilihat dari besar kecilnya GDP atau GNP, alasannya ialah GDP atau GNP tidak sanggup memperlihatkan berapa jumlah penduduk yang harus dihidupi dari GDP atau GNP tersebut.

GNP tinggi yang dimiliki suatu negara bukan suatu ukuran bahwa negara tersebut telah makmur. Mengapa? Karena sanggup saja jumlah penduduk yang harus dihidupi dari GNP tersebut juga sangat tinggi.

GNP yang tinggi juga bukan merupakan sebuah faktor untuk mengukur kemakmuran dari negara tersebut contohnya saja Indonesia pada tahun 1999 lebih tinggi dari Malaysia yaitu 130.600 juta dolar, namun Malaysia ternyata lebih makmur alasannya ialah hanya menghidupi 22 juta penduduk dibandingkan Indonesia yang mencapai 204 juta penduduk.

Arti Pendapatan Per Kapita

Lalu apa itu pendapatan perkapita? Pendapatan perkapita yaitu pendapatan rata-rata penduduk di suatu negara pada periode tertentu contohnya dalam satu tahun. Untuk menghitungnya sanggup melihat rumus dibawah ini

 Dalam kesempatan kali ini saya akan menawarkan isu mengenai cara menghitung pendapa Cara Menghitung Pendapatan Per Kapita Yang Benar
Cara Menghitung Pendapatan Perkapita

Ada dua cara untuk menghitung pendapatan per kapita :

a. Berdasarkan harga yang sedang berlaku. Jika kita menghitung menurut harga yang berlaku maka akibatnya disebut pendapatan per kapita nominal.

b. Berdasarkan harga tetap (konstan), akibatnya disebut pendapatan per kapita riil.

Pendapatan per kapita nominal ialah pendapatan per kapita yang tidak memperhitungkan tingkat kenaikan harga atau inflasi.

Sedangkan pendapatan per kapita riil ialah pendapatan per kapita yang sudah memperhitungkan tingkat kenaikan harga atau inflasi.

Misalnya, negara M pada tahun 2000 pendapatan per kapita nominalnya Rp 1.000.000,-. Kemudian pada tahun 2001, pendapatan per kapita nominalnya naik tiga kali lipat menjadi Rp 3.000.000

Misalnya saja daya beli masyarakat yang meningkat setiap tahun tentu ikut menaikkan pendapatan perkapita, dengan begitu pendapatan perkapita riil masyarakat tidak berubah jadi sanggup naik atau tidaknya tingkat kesejahteraan masyarakat sanggup dilihat dari pendapatan perkapita riil bukan pendapatan per kapita nominal. Berikut pola lengkapnya :

 Dalam kesempatan kali ini saya akan menawarkan isu mengenai cara menghitung pendapa Cara Menghitung Pendapatan Per Kapita Yang Benar

 Dalam kesempatan kali ini saya akan menawarkan isu mengenai cara menghitung pendapa Cara Menghitung Pendapatan Per Kapita Yang Benar

Misalnya : pada tahun 2000, jumlah penduduk Indonesia 205 juta maka besarnya pendapatan per kapita riil dan nominal ialah :

a. Pendapatan per kapita riil = 373.073,6 miliar rupiah : 205.000.000
= Rp 0,001819871 miliar

Jadi, pendapatan per kapita riil Indonesia pada tahun 2000 sebesar
Rp 1.819.871,-

Pendapatan sebesar itu merupakan pendapatan rata-rata untuk satu tahun yang dimiliki orang Indonesia

b. Pendapatan per kapita nominal = 1.201.4278 miliar rupiah : 205.000.000
= Rp 0,005860623 miliar rupiah
= Rp 5.860.623,-

Dari perhitungan di atas, tampak bahwa pendapatan per kapita riil Indonesia pada tahun 2000 hanya sebesar Rp 1.819.871,- sedangkan pendapatan per kapita nominal sebesar Rp 5.860.623,- (jumlah ini tiga kali lipat dari pendapatan per kapita riil).

Baca juga : Cara Menghitung PTKP ( Penghasilan Tidak Kena Pajak )

Demikian isu mengenai cara menghitung pendapatan per kapita dalam suatu negara, supaya isu ini sanggup menambah pengetahuan kita terutama dalam dunia perekonomian.

Source:

rumus pendapatan perkapita,cara menghitung pendapatan perkapita,pendapatan perkapita,rumus pendapatan,menghitung pendapatan perkapita,contoh perhitungan pendapatan perkapita,pendapatan perkapita sanggup dihitung dengan rumus,rumus pdb per kapita,cara mencari ipc,untuk menghitung besar kecilnya income per kapita


Sumber https://caraharian.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Pendapatan Per Kapita Yang Benar"

Posting Komentar