Cara Menghitung Fpb Dengan Faktorisasi Prima

Cara Menghitung FPB - Sebelumnya Cara Menghitung Rumus FPB dan KPK dengan Menggunakan Pohon Faktor. Selain dengan memakai pohon faktor, FPB ataupun KPK dari sebuah bilangan sanggup kita cari dengan memakai faktorisasi prima. Faktorisasi prima ialah perkalian dari faktor-faktor prima yang dimiliki oleh sebuah bilangan. Pada postingan ini kita akan berguru bagaimana mencari FPB dengan faktorisasi prima, bahan mengenai cara mencari KPK akan dibahas pada artikel selanjutnya. Yuk kita simak bersama bahan di bawah ini:

Cara Menghitung Rumus FPB dan KPK dengan Menggunakan Pohon Faktor Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima


Agar kalian lebih gampang dalam memahami konsep faktorisasi prima, maka sebaiknya kita berguru pribadi dari teladan soal menyerupai di bawah ini:

Contoh Soal Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima



Contoh Soal 1

Coba kalian tentukan FPB dari 36, 54, dan 72

Cara Menjawab
Pertama-tama kalian harus melaksanakan faktorisasi prima terhadap ketiga bilangan yang ada:

36 = 22 × 32
54 = 2 × 33
72 = 23 × 32

Kita sanggup memilih FPB dari 36, 54, dan 72 dengan cara mengambil bilangan hasil faktorisasi yang nilainya sama lalu mengalikannya dengan pangkat terendah. Makara dari soal di atas bilangan pokok yang sama ialah 2 lalu bilangan berpangkat terendahnya ialah 32 maka FPB dari ketiga bilangan tersebut ialah 2 × 32 = 18


Contoh Soal 2
Tentukan FPB dari 4, 8, dan 12 dengan faktorisasi prima

Cara Menjawab:

Faktorisasi prima dari 4 = 22
Faktorisasi prima dari 8 = 23 = 22 x2
Faktorisasi prima dari 12= 22 x 3

Langsung saja kita ambil bilangan berpangkat terendah yang ada pada hasil faktorisasi prima di atas yaitu 22 . Maka sanggup disimpulkan bahwa FPB dari 4, 8, dan 12 ialah 22= 4

Selain dengan faktorisasi prima, kita sanggup mengetahui FPB dengan memakai pohon faktor. Pembahasan mengenai pohon faktor sanggup kalian simak pada artikel Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor. Sekian klarifikasi yang sanggup diberikan mengenai Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima. Sampai jumpa lagi di bahan selanjutnya.

Sumber http://ilmuku-duniaku14.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Fpb Dengan Faktorisasi Prima"

Posting Komentar