√ Cara Menciptakan Topeng Dari Banyak Sekali Macam Bahan

Topeng merupakan sebuah benda yang biasanya terbuat dari kayu, kertas, kain, plastik atau logam yang dipakai sebagai alat untuk menutup wajah.


Pada zaman dahulu, topeng biasanya dipakai untuk menyembunyikan identitas diri biar tidak diketahui oleh banyak orang, menyerupai halnya yang ada di film Zorro, Batman, dan juga tokoh avenger lainnya.


Namun, seiring dengan perkembangan zaman, topeng sekarang dikenal sebagai sebuah karya seni yang biasanya dipajang di dinding rumah dan lain sebagainya.


Dalam sebuah topeng itu tidak hanya terdapat nilai artistik saja, tetapi juga memiliki nilai-nilai yang bersifat simbolis.


Topeng juga sanggup dikatakan sebagai cerminan huruf atau sifat insan ketika dalam sebuah pementasan seni tari ataupun yang lainnya. Sebagaimana dengan huruf insan yang beragam, kita sanggup juga menciptakan topeng dengan aneka macam macam karakter. Berikut ulasan lengkapnya.


1. Cara Membuat Topeng dari Kayu


Topeng merupakan sebuah benda yang biasanya terbuat dari kayu √ Cara Membuat Topeng dari Berbagai Macam Bahan

annafardiana.wordpress.com


Jenis kayu yang paling banyak dipakai sebagai materi dasar dalam pembuatan topeng kayu yaitu kayu pule dan kayu sengon.


Kenapa begitu? Karena jenis dari kedua kayu ini relatif lebih praktis untuk didapatkan serta praktis juga dalam proses pengukiran. Alasan kenapa menentukan kayu sebagai materi dasar untuk menciptakan topeng yaitu sebagai berikut.


Alat dan Bahan


Alat-alat yang kita butuhkan untuk menciptakan topeng kayu yaitu gergaji potong, bor, pahat, kapak dan amplas. Sedangkan materi yang kita butuhkan yaitu kayu, kuas, lem, pensil dan cat warna.


Gergaji potong ini nantinya akan kita gunakan untuk memotong bab kayu yang akan kita gunakan sebagai materi untuk menciptakan topeng.


Kapak ini akan kita gunakan untuk membelah kayu dan juga bagian-bagian yang sekiranya tidak dibutuhkan. Pahat ini nantinya akan kita gunakan untuk mengukir bentuk dari topeng yang akan kita buat.


Bor ini akan kita gunakan sebagai alat untuk memudahkan kita ketika kita igin melubangi kayu. Lem ini sebagai antisipasi kalau dalam proses pemotongan ataupun pemahatan ada yang patah, kita gunakan lem untuk menyambungnya kembali.


Amplas untuk menghaluskan permukaan topengg sedang kuas cat dan cat warna kita gunakan untuk mewarnai topeng biar terlihat lebih indah.


Cara Pembuatan


Setelah kita tahu dan kita siapkan semua alat dan materi di atas, sekarang saatnya kita masuk dalam proses pembuatan topeng.


Pertama-tama, potong kayu sesuai dengan ukuran yang kita inginkan memakai gergaji. Kemudian belah kayu menjadi dua bab (jika masih dalam keadaan bulat/utuh) memakai kapak, serta buang bagian-bagian yang tidak digunakan.


Setelah itu buatlah teladan dasar dari mulut, hidung, mata dan beberapa bab pelengkap lainnya memakai pensil, kenudian pahat teladan tersebut memakai alat pahat, kalau dirasa teladan tersebut sudah sesuai dengan huruf topeng yang akan kita buat.


Jika sudah mendapat bentuk yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, sekarang saatnya untuk mengamplas permukaan tersebut memakai amplas supaya permukaannya jadi halus sehingga memudahkan kita ketika akan mewarnainya.


Setelah itu, olesi topeng dengan wood filler (pelitur) guna untuk meutup pori-pori kayu, sehingga pewarnaan sanggup lebih merata. Dan yang terakhir yaitu proses pewarnaan memakai cat warna yang sesuai dengan huruf topeng, lalu keringkan dan topeng pun siap untuk digunakan.


2. Cara Membuat Topeng dari Kertas Menggunakan Cetakan Tanah Liat


Topeng merupakan sebuah benda yang biasanya terbuat dari kayu √ Cara Membuat Topeng dari Berbagai Macam Bahan

radencw.blogspot.com


Melihat huruf dari tanah liat yang praktis dibentuk, menjadikannya salah satu materi yang praktis untuk didapatkan dan juga cocok untuk dijadikan sebagai benda-benda kerajinan.


Tetapi, dalam hal ini kita manfaatkan tanah liat sebagai cetakan untuk menciptakan topeng.


Alat dan Bahan


Alat-alat yang kita butuhkan untuk mebuat topeng dari kertas antara lain berupa gunting, kuas dan butsir, sedangkan materi yang kita butuhkan yaitu kertas karton/koran (semua jenis kertas kecuali kertas minyak), tanah liat, air, cat dan lem kanji.


Gunting ini nantinya akan kita gunakan untuk memotong-motong kertas dan juga merapikan topeng ketika sudah diangkat dari cetakan.


Kuas ini nantinya akan kita gunakan untuk mengoleskan cat pada permukaan topeng ketika proses pewarnaan. Butsir ini nantinya akan kita gunakan untuk menciptakan detail topeng pada cetakan tanah liat.


Sedangkan untuk materi yang lainnya menyerupai kertas, air, cat dan lem akan kita gunakan pada proses inti dalam pembuatan topeng dari kertas memakai cetakan tanah liat ini.


Cara Pembuatan


Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu menciptakan cetakan topeng memakai tanah liat. Bentuk tanah liat tersebut sesuai dengan model atau bentuk dari topeng yang akan kita buat. Sedangkan, kalau kita ingin menciptakan detail dari topeng menyerupai mata, lisan dan hidung, gunakanlah butsir.


Setelah cetakannya siap, lumuri cetakan tersebut dengan lem kanji secukupnya. Setelah semua bab topeng sudah rata diolesi dengan lem, lalu tempelkan potongan kertas tersebut pada cetakan.


Jika sudah merata dan mendapat ketebalan yang sesuai dengan yang kita inginkan, jemur topeng tersebut di bawah terik matahari.


Jika sudah kering, lepaskan topeng dari cetakan, lalu rapikan topeng khususnya pada bab mata, lisan dan hidung memakai gunting. Setelah itu, saatnya masuk proses pewarnaan.


Gunakan kuas untuk mengoleskan cat pada permukaan topeng secara merata, lalu keringkan lagi di bawah terik matahari. Jika sudah, lubangi samping kana-kiri dari topeng untuk menempatkan tali guna untuk menciptakan topeng jadi tidak praktis lepas ketika digunakan.


3. Cara Membuat Topeng dari Bubur Kertas Menggunakan Cetakan Tanah Liat


Topeng merupakan sebuah benda yang biasanya terbuat dari kayu √ Cara Membuat Topeng dari Berbagai Macam Bahan

radencw.blogspot.com


Dalam proses pembuatan topeng dari bubur kertas ini tak jauh beda dengan cara pembuatan topeng yang ada pada cara nomor dua. Perbedaannya hanya ada pada proses pembuatannya saja.


Pertama-tama rendam kertas tersebut sampai lembek dan hancur menyerupai bubur. Sambil menunggu kertas menjadi bubur, masak tepung kanji memakai api sedang sampai mengental (seperti mau buat makanan saja ya!). Kemudian campur bubur kertas tadi dengan lem kanji yang sudah kita masak tadi.


Jika sudah tercampur dengan rata, tuangkan ke dalam cetakan yang sudah kita siapkan sebelumnya dan ratakan sehingga mendapat ketebalan sesuai dengan yang kita inginkan. Jika sudah, proses selanjutnya pun sama menyerupai cara yang ada pada cara menciptakan topeng nomor dua di atas.



Sumber https://carajuki.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Cara Menciptakan Topeng Dari Banyak Sekali Macam Bahan"

Posting Komentar