20 Manfaat Lavender Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Bunga Lavender mengandung aroma bau yang memberi imbas menenangkan dan baik untuk kesehat 20 Manfaat Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan
Bunga Lavender mengandung aroma bau yang memberi imbas menenangkan dan baik untuk kesehatan.

Seperti yang kita ketahui, Lavender (Lavandula spica) mempunyai aroma yang sangat khas yang biasanya dijadikan sebagai materi pengharum ruangan, kosmetik, atau bahkan obat pembasmi nyamuk. Namun, tahukah Anda bahwa lavender juga termasuk dalam tanaman obat? Lavender mempunyai sedikitnya 20 manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.


Manfaat Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan


Berikut ialah 20 manfaat lavender dari segi kesehatan dan kecantikan yang berhasil kami sadur:


1. Menyembuhkan jerawat


Bunga Lavender mengandung aroma bau yang memberi imbas menenangkan dan baik untuk kesehat 20 Manfaat Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan
Minyak bunga lavender sebagai penyembuh jerawat.

Minyak lavender dipercaya sanggup menyembuhkan jerawat. Minyaknya mengandung anti-inflamasi dan antiseptik yang sanggup membunuh basil yang mengakibatkan jerawat. Oleskan minyak lavender sempurna di atas jerawat untuk hasil terbaik.


2. Menyembuhkan eksim


Eksim mungkin menjadi penyakit kulit yang menciptakan penderitanya tidak percaya diri. Minyak lavender sanggup mengurangi rasa gatal dan mengurangi tanda-tanda eksim.


3. Mendetoksifikasi kulit


Lavender bisa menghilangkan iritasi kulit dengan menambahkan pelembap. Lavender mempercepat proses penyembuhan. Minyak lavender sanggup mencegah pertumbuhan basil pada kulit.


4. Menyembuhkan luka bakar


Antiseptik dan antiperadangan di dalam minyak lavender membantu penyembuhan luka bakar dengan baik. Minyak lavender pun sanggup mengurangi rasa nyeri. Caranya, sirami luka bakar dengan air mengalir selama sepuluh menit, kemudian tetesi dengan minyak lavender pada kawasan luka. Namun, kalau lukanya sangat parah, lebih baik dikonsultasikan pada dokter terlebih dahulu.


5. Menyembuhkan luka gigitan serangga


Seperti halnya luka bakar, tetesi minyak lavender pada penggalan kulit yang digigit serangga. Luka gigitan serangga akan berangsur sembuh. Jika minyak lavender hendak diaplikasikan pada kulit bayi berusia di bawah dua tahun, ada baiknya konsultasikan dulu pada dokter.


6. Menyegarkan otot yang lelah


Minyak lavender sanggup dijadikan sebagai penyegar otot yang kelelahan. Caranya dengan menambahkan 4 hingga 6 tetes cairan lavender ke dalam mangkuk besar berisi air panas. Rendamlah tangan atau kaki selama sekitar sepuluh menit dan rasakanlah hasilnya. Cara lainnya ialah dengan menggosokkan minyak lavender pada kaki sebelum tidur. Lavender juga bisa dipakai untuk melembutkan kapalan.


7. Toner


Lavender bisa dijadikan toner yang akan menyegarkan kembali kondisi kulit. Rebus lavender memakai 100ml air. Tiriskan selama beberapa jam. Pindahkan pada botol semprot yang bersih, kemudian simpan di kulkas. Semprotkan cairan ini pada kapas dan usapkan kapas pada wajah dengan lembut setiap pagi sesudah mencuci muka.


8. Kerontokan rambut


Bunga Lavender mengandung aroma bau yang memberi imbas menenangkan dan baik untuk kesehat 20 Manfaat Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan
Lavender biasa dijadikan sebagai materi dalam produk shampoo alasannya ialah khasiatnya yang bisa menjaga kesehatan rambut.

Minyak lavender sanggup merawat rambut rontok dengan sangat efektif. Sebab minyak lavender sanggup menyembuhkan insomnia, stress dan depresi, yang sanggup mengakibatkan kerontokan rambut. Pijatlah kepala memakai minyak lavender untuk merawat kerontokan rambut dan menumbuhkannya kembali. Pijatan ini akan memperlancar peredaran darah.


9. Alopecia aerata


Alopecia aerata ialah penyakit imun badan yang ditandai dengan rontoknya rambut dalam kelompok-kelompok kecil (spot). Pijatlah kulit kepala memakai minyak lavender. Minyak lavender sanggup membantu pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak lavender bisa juga memperlancar pedoman darah di kepala.


10. Antiketombe


Tambahkan 15 tetes minyak lavender dengan dua sendok makan minyak zaitun atau minyak almond dan panaskan selama sepuluh menit. Pijat kepala memakai ramuan itu dan tutupi dengan shower cap. Cucilah dengan sampo sesudah satu jam. Ramuan tersebut sanggup menghilangkan ketombe dan menciptakan kulit kepala sehat.


11. Menghilangkan kutu


Pijatlah kepala memakai minyak lavender selama 20 menit sebelum dicuci dengan sampo. Hal ini akan menghilangkan kutu hingga pada telurnya, alasannya ialah lavender berfungsi sebagai antiseptik.


12. Kondisioner


Lavender juga bisa dipakai sebagai kondisioner. Rendamlah rambut dengan 1/4 gelas air rebusan lavender yang sudah dicampur dengan 2 gelas air dan beberapa tetes minyak lavender selama 15 menit. Ramuan itu akan menciptakan rambut bersinar dan wangi.


13. Insomnia


Bunga Lavender mengandung aroma bau yang memberi imbas menenangkan dan baik untuk kesehat 20 Manfaat Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan
Teh bunga lavender juga berguna sebagai obat insomnia.

Minyak lavender dipercaya bisa menyembuhkan insomnia. Campurlah 5-6 tetes minyak lavender dengan 1/2 gelas air sulingan. Masukkan ke dalam botol semprot yang bersih. Semprotkan pada wajah dan kulit sebelum tidur. Selain itu, teh lavender juga sanggup menyembuhkan insomnia.


14. Membantu mengurangi kecemasan dan depresi


Minyak lavender menciptakan orang yang menghirupnya merasa tenang, sehingga sanggup mengurangi depresi dan kecemasan. Minyak lavender pun dipakai untuk relaksasi atau perawatan badan yang kelelahan.


Anda bisa menyimpan beberapa tangkai lavender di dalam ruangan biar aromanya bisa tercium dalam waktu yang lama. Selain itu, aroma lavender bisa juga mencegah datangnya nyamuk ke dalam rumah. Untuk kualitas lavender yang lebih bagus, ada baiknya Anda menanam sendiri biar tetap terawat dan terjaga kualitasnya. Contoh tumbuhan lavender yang tidak mengecewakan tahan banting dan bisa Anda tanam ialah lavender gold creek.


15. Menyembuhkan sakit kepala


Tidak hanya sakit kepala biasa, lavender juga bisa menyembuhkan migrain. Caranya, pijatlah kepala dan leher memakai minyak lavender.


16. Memperlancar pencernaan


Minumlah teh lavender untuk membantu memperlancar pencernaan. Anda bisa membelinya yang sudah jadi atau bisa menciptakan sendiri dengan cara merebus kuncup lavender di air mendidih.


17. Menyembuhkan luka


Minyak lavender ialah antiseptik yang kuat. Tetesan minyak lavender bisa mempercepat pertumbuhan sel gres dan menyembuhkan luka. Minyak lavender pun merupakan antimikroba yang mencegah luka untuk infeksi.


18. Menghilangkan mual


Minyak lavender bisa mengurangi rasa mual dan mabuk perjalanan. Caranya, tetesi lavender di ujung lidah, di belakang telinga, dan di bawah pusar.


19. Mengurangi kembung


Lavender mengandung polifenol yang bisa mengurangi basil jahat dalam darah dan bisa mengurangi rasa kembung. Konsumsilah lavender kering kalau Anda terjangkit kembung.


20. Parfum alami


Bunga Lavender mengandung aroma bau yang memberi imbas menenangkan dan baik untuk kesehat 20 Manfaat Lavender untuk Kesehatan dan Kecantikan
Karena mempunyai aroma harum menyegarkan, lavender juga kerap diproduksi sebagai parfum.

Minyak lavender ialah zat alami yang anti materi kimia bisa juga dijadikan parfum. Caranya dengan mengoleskan sedikit minyaknya pada leher atau pada pergelangan tangan.


Itulah 20 manfaat lavender bagi kesehatan. Lavender memang tumbuhan yang ajaib. Tidak hanya warnanya yang menarik perhatian, ternyata tumbuhan dan aromanya pun sanggup dipakai untuk kepentingan kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.


Jika Anda berminat untuk menanam sendiri bunga lavender, maka kami juga menyediakan benih bunga lavender yang cocok untuk ditanam di pot maupun hedging.


Cek koleksi benih bibit lavender kami di sini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "20 Manfaat Lavender Untuk Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar