Sejarah Singkat Dan Feature Kelebihan Php

PHP: Hypertext Preprocessor yaitu bahasa script yang sanggup ditanamkan atau disisipkan (embedded) ke dalam HTML. PHP banyak digunakan untuk merancang situs web dinamis secara efisien. PHP sanggup digunakan untuk membangun sebuah CMS. Sebagian besar syntax yang ada pada PHP ibarat dengan bahasa C, Java, dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik.
Suatu halaman web biasanya disusun dari code HTML yang disimpan dalam sebuah berkas dengan format .html. Berkas HTML ini dikirimkan oleh server ke browser, lalu browser menerjemahkan code tersebut sehingga menghasilkan suatu tampilan yang gampang dimengerti oleh user. Lain halnya dengan jadwal PHP, jadwal ini harus diterjemahkan oleh web-server sehingga menghasilkan code HTML yang dikirim ke browser semoga sanggup ditampilkan.
Program PHP tersebut bisa berdiri sendiri (non-embedded) atau bisa juga disisipkan (embedded) pada code HTML sehingga sanggup eksklusif ditampilkan bersama dengan code tersebut. PHP merupakan bahasa web programming yang bersifat server-side HTML embedded scripting, dimana script tersebut menyatu dengan HTML dan berada di sisi server. Artinya yaitu syntax dan perintah-perintah yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan di server tetapi disertai dengan HTML biasa.

Sejarah Singkat PHP
Pada awalnya PHP merupakan abreviasi dari Personal Home Page. PHP pertama kali dibentuk oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih berjulukan Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data formulir dari suatu web.
Selanjutnya Rasmus membuatkan source code PHP tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan disebarkannya source code tersebut menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.
Pada November 1997, diluncurkan PHP/FI 2.0. Pada peluncuran ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam jadwal C. Dalam peluncuran ini juga disertakan dengan modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara drastis.
Pada tahun 1997, sebuah perusahaan berjulukan Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut meluncurkan interpreter gres untuk PHP dan meresmikan peluncuran tersebut sebagai PHP 3.0 dan abreviasi PHP diubah menjadi abreviasi berulang PHP: Hypertext Preprocessing.
Pada pertengahan tahun 1999, Zend meluncurkan interpreter PHP gres dan peluncuran tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 yaitu versi PHP yang paling banyak digunakan pada awal kurun ke-21. Versi ini banyak digunakan disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web secara kompleks tetapi tetap mempunyai kecepatan dan stabilitas yang tinggi.
Pada Juni 2004, Zend meluncurkan PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek (object oriented programming) ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Kemampuan PHP
PHP secara dasar sanggup mengerjakan semua yang sanggup dikerjakan oleh jadwal CGI (Common Gateway Interface), ibarat mendapatkan data dari form, menghasilkan isi halaman web yang dinamis, dan mendapatkan cookies.
Kemampuan PHP yang paling diandalkan yaitu sumbangan kepada banyak database. Membuat halaman web yang memakai data dari database sanggup dilakukan dengan mudah. Database yang didukung oleh PHP, yaitu MySQL, SQLServer, Oracle, ODBC, IBM DB2, PostgreSQL, Sybase, Interbase, MySQLI, File Pro, MongoDB, FrontBase, Ingres, Informix.
Selain itu PHP juga mendukung untuk melaksanakan komunikasi dengan layanan lain memakai protocol IMAP, SNMP, NNTP, POP3, HTTP, dan lain sebagainya.
Sumber http://lang8088.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Sejarah Singkat Dan Feature Kelebihan Php"

Posting Komentar