Makalah Wacana Energi Dan Perubahannya

Makalah perihal Energi dan Perubahannya, contoh soal 

ENERGI DAN PERUBAHANNYA
Pengertian energi
Pada dikala berlari lama-kelamaan badan kita akan merasa lemas lantaran kehabisan energi. Untuk sanggup berlari kembali dengan baik maka kita memerlukan energi dan stamina yang baik, hal yang sanggup kita lakukan ialah dengan beristirahat atau dengan makan. Sama ibarat mobil-mobilan yang mengunakan baterai bekas (soak) jalannya niscaya lambat atau tidak normal. Setelah baterainya diganti dengan baterai yang gres atau baterai yang soak tadi diisi (dicarge) maka jalan kendaraan beroda empat tadi akan sanggup berjalan dengan normal kembali. Mobil-mobilan yang menggunakan baterai gres (energi masih penuh) akan sanggup melaksanakan perjuangan yanga lebih besar dibandingkan dengan mobil-mobilan yang menggunakan baterai bekas.
Dari kedua contoh di atas sanggup dikatakan bahwa suatu benda akan sanggup melaksanakan suatu perjuangan atau pekerjaan jikalau mempunyai cukup energi untuk sanggup melaksanakan suatu perjuangan yang ingin dilakukan.
Dari ilustrasi di atas sanggup diketahui pengertian dari energi yaitu sesuatu yang sanggup menimbulkan benda sanggup melaksanakan suatu pekerjaan atau energi merupakan sesuatu yang sanggup menjadikan usaha. Energi juga sanggup dikatakan sesuatu perjuangan yang masih tersimpan. Dari pengertian itu lantaran energi merupakan suatu perjuangan yang masih tersimpan maka satuan energi berdasarkan Satuan Internasional (SI) ialah joule. Satuan energi yang lain yaitu kalori dan kWh, kalori dipergunakan untuk menyatakan satuan energi kimia, sedangkan kWh dipergunakan untuk menyatakan energi listrik.
Bentuk-bentuk energi
Energi yang paling besar ialah energi matahari. Energi panas dari sinar matahari mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan di muka bumi ini. Manfaat energi matahari sanggup dirasakan oleh insan yaitu sanggup dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian, untuk menghangatkan ruangan, sebagai penghangat tubuh, untuk mengeringkan hasil pertanian ibarat padi, kopi, cengkeh, untuk pembengkit tenaga listrik. Selain sanggup bermanfaat bagi insan energi matahari juga bermanfaat bagi tumbuhan yang mempunyai klorofil untuk sanggup melaksanakan proses pembuatanan makanan atau proses fotosintesis.
Selain energi matahari yang merupakan energi yang paling besar secara umum energi sanggup dibagi menjadi beberapa macam bentuk energi yaitu:
1. Energi kimia
Energi kimia ialah suatu energi yang tersimpan di dalam persenyawaan kimia yang berbentuk ikatan antara atom yang satu dengan atom yang lainnya. Energi kimia ialah suatu energi yang dihasilkan dalam suatu proses kimia. Besarnya energi yang dihasilkan tergantung dari jenis dan jumlah pereaksi dalam suatu reaksi kimia. Alat-alat yang sanggup menghasilkan energi dari reaksi kimia contohnya aki dan beterai.
2. Energi listrik
Energi listrik merupakan salah satu bentuk energi yang paling banyak digunakan. Energi ini dipindahkan dalam bentuk anutan muatan listrik melalui kawat logam konduktor yang disebut arus listrik. Energi listrik sanggup diubah menjadi bentuk energi yang lain ibarat energi gerak, energi cahaya, energi panas, atau energi bunyi.
3. Energi panas
Energi panas atau energi kalor merupakan suatu energi yang bersumber dari matahari, dimana matahari merupakan sumber energi panas yang paling besar. Sinar matahari yang memperlihatkan panas yang sesuai sangat bermanfaat bagi makhluk hidup yang ada di muka bumi.
4. Energi bunyi
Energi bunyi merupakan energi yang dihasilkan oleh bunyi atau suara, yaitu benda yang bergetar. Contohnya bunyi gitar, bunyi bom, bunyi halilintar, dan bunyi petasan.
5. Energi nuklir
Energi nuklir ialah suatu energi yang terkandung dalam inti atom dari unsur-unsur nuklir. Energi nuklir akan keluar bila suatu inti atom bermetamorfosis inti lain. Besarnya energi nuklir yang dihasilkan tergantung pada jumlah dan jenis inti.contohnya ledakan yang terjadi pada bom atom.
6. Energi mekanik
Energi mekanik merupakan energi yang disebabkan lantaran adanya suatu perjuangan yang bekerjasama dengan gerakan yang terjadi pada benda. Energi mekanik terdiri atas 2 buah energi yaitu energi potensial dan energi kinetik.
a. Energi potensial
Energi potensial merupakan suatu energi tersimpan yang dimiliki oleh suatu benda lantaran posisi (kedudukan) terhadap suatu acuan. Sebagai contoh yaitu kerikil yang kita angkat pada ketinggian tertentu mempunyai energi potensial apabila kerikil kita lepas maka kerikil tersebut akan melaksanakan kerja yaitu bergerak ke bawah atau jatuh. Jika kerikil tersebut mengenai tanah yang lembek, maka kerikil yang jatuh tadi akan menimbulkan terjadinya lubang pada tanah.
Dari pernyataan di atas sanggup disimpulkan bahwa energi potensial suatu benda dipengaruhi oleh massa benda, percepatan dari gaya gravitasi bumi, dan ketinggian dari suatu benda yang bersangkutan.
b. Energi kinetik
Energi kinetik merupakan suatu energi yang dimiliki oleh suatu benda yang dipengeruhi oleh gerakan aktif dari suatu benda yang bersangkutan. Besarnya suatu energi kinetik dipengaruhi oleh massa suatu benda dan kecepatan dari suatu benda yang bersangkutan. Semakin besar massa dari benda yang bersangkutan, maka energi kinetiknya juga akan semakin besar, begitu pula semakin cepat laju/kecepatan dari suatu benda, energi kinetik yang dihasilkan juga akan semakin besar.
Perubahan yang terjadi pada energi
Suatu energi keuntungannya gres akan sanggup terlihat apabila energi tersebut mengalami suatu perubahan bentuk dari energi satu ke dalam energi yang lainya. Seperti yang kita ketahui bahwa energi mempunyai suatu aturan yang sering disebut dengan aturan kekekalan energi. Bunyi dari aturan kekekalan energi ialah energi tidak sanggup diciptakan dan tidak sanggup dimusnahkan, tetapi energi sanggup berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya.
Dari aturan kekekalan energi di atas apabila energi sanggup dirubah ke dalam bentuk energi lainnya maka energi tersebut akan sanggup dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan energi yang paling banyak sanggup dimanfaatkan ialah perubahan dari energi listrik dirubah ke dalam bentuk energi yang lainnya.
Contoh perubahan energi itu antara lain:
1. Perubahan dari energi listrik menjadi energi panas contohnya setrika listrik dan solder listrik.
2. Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi bunyi contohnya radio dan tape.
3. Perubahan dari energi listrik menjadi energi menjadi energi cahaya contohnya lampu.
4. Perubahan dari energi listik menjadi energi cahaya (gambar) dan bunyi contohnya pada televisi.
5. Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi gerak contohnya terdapat pada kipas angin.
6. Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi panas ialah pada pengering rambut (hair dryer) dan penanak nasi (rice cooker).
7. Perubahan dari energi kimia menjadi energi listrik contohnya pada aki dan baterai.
8. Perubahan dari energi cahaya menjadi energi kimia contohnya pada dikala proses fotosintesis.
9. Perubahan dari energi gerak menjadi energi listrik contohnya terdapat pada dynamo sepeda.
10. Perubahan dari energi potensial menjadi energi listrik terjadi pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA).
Contoh Soal Energi dan Perubahannya
Pertanyaan
1. Apa pengertian dari energi?
2. Coba sebutkan dan jelaskan 5 bentuk energi yang ada dalam kehidupan?
3. Apa bunyi dari aturan kekekalan energi?
4. Sebutkan 5 contoh perubahan energi yang sanggup terjadi dari energi listrik menjadi energi bentuk lain dan berikan masing-masing contohnya!
5. Sebutkan manfaat dari energi matahari sebagai energi yang terbesar!
Jawaban
1. Pengertian dari energi ialah sesuatu yang sanggup menimbulkan benda sanggup melaksanakan suatu pekerjaan atau energi merupakan sesuatu yang sanggup menjadikan usaha. Energi juga sanggup dikatakan sesuatu perjuangan yang masih tersimpan. Energi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan, lantaran semua perjuangan yang terjadi tergantung dari energi yang ada.
2. Bentuk-bentuk energi yang ada dalam kehidupan yaitu:
a. Energi panas atau energi kalor merupakan suatu energi yang bersumber dari matahari, dimana matahari merupakan sumber energi panas yang paling besar. Sinar matahari yang memperlihatkan panas yang sesuai sangat bermanfaat bagi makhluk hidup yang ada di muka bumi.
b. Energi listrik merupakan salah satu bentuk energi yang paling banyak digunakan. Energi ini dipindahkan dalam bentuk anutan muatan listrik melalui kawat logam konduktor yang disebut arus listrik. Energi listrik sanggup diubah menjadi bentuk energi yang lain ibarat energi gerak, energi cahaya, energi panas, atau energi bunyi.
c. Energi bunyi merupakan energi yang dihasilkan oleh bunyi atau suara, yaitu benda yang bergetar. Contohnya bunyi gitar, bunyi bom, bunyi halilintar, dan bunyi petasan.
d. Energi kimia ialah suatu energi yang tersimpan di dalam persenyawaan kimia yang berbentuk ikatan antara atom yang satu dengan atom yang lainnya. Energi kimia ialah suatu energi yang dihasilkan dalam suatu proses kimia.
e. Energi mekanik merupakan energi yang disebabkan lantaran adanya suatu perjuangan yang bekerjasama dengan gerakan yang terjadi pada benda. Energi mekanik terdiri atas 2 buah energi yaitu energi potensial dan energi kinetik.

3. Bunyi dari aturan kekekalan energi ialah energi tidak sanggup diciptakan dan tidak sanggup dimusnahkan, tetapi energi sanggup berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya.

4. Perubahan energi yang sanggup terjadi dari energi listrik menjadi energi bentuk lain dan contohnya yaitu:
a. Perubahan dari energi listrik menjadi energi panas contohnya setrika listrik dan solder listrik.
b. Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi bunyi contohnya radio dan tape.
c. Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi cahaya contohnya lampu.
d. Perubahan dari energi listik menjadi energi cahaya (gambar) dan bunyi contohnya pada televisi.
e. Perubahan dari energi listik menjadi energi menjadi energi gerak contohnya terdapat pada kipas angin.

5. Manfaat dari energi matahari sebagai energi yang terbesar adalah:
a. Dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian.
b. Dimanfaatkan untuk menghangatkan ruangan.
c. Dimanfaatkan untuk mengeringkan banyak sekali hasil pertanian dari petani, ibarat mengeringkan padi, kopi, cengkeh, dan lain-lain.
d. Dimanfaatkan dalam mngeringkan ikan dan pembuatan garam.
e. Dimanfaatkan s

1.  Setrika menghasilkan energi ….
 a. bunyi
 b. cahaya
 c. listrik
 d. panas

2.  Apabila kita menggosok-gosokkan tangan kita yang kering, maka tangan kita akan terasa ….
 a. listrik
 b. cahaya
 c. bunyi
 d. panas

3.  Gitar menghasilkan energi ….
 a. listrik
 b. cahaya
 c. matahari
 d. bunyi

4.  Bunyi yang sanggup didengar oleh insan ialah bunyi ….
 a. audiosonik
 b. monosonik
 c. ultrasonik
 d. infrasonik

5.  Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh ….
 a. simpangan
 b. banyaknya getaran
 c. amplitudo
 d. frekuensi

6.  Di bawah ini merupakan energi alternatif, kecuali ….
 a. bioetanol
 b. energi matahari
 c. biji jarak
 d. minyak bumi

7.  Energi dari riam dipakai untuk ….
 a. daerah wisata
 b. daerah pemandian
 c. pembangkit listrik
 d. sarana transportasi

8.  Berikut ini aktivitas yang memanfaatkan energi angin ialah ….
 a. menyalakan kompor
 b. menggerakkan bahtera nelayan
 c. menciptakan materi bakar
 d. menggiling padi
9.  Kekurangan dari penggunaan energi alternatif ialah ….
 a.  penggunaan minyak bumi menjadi berkurang
 b.  tersedia sepanjang masa
 c.  membutuhkan teknologi yang tinggi untuk membuatnya
 d.  menghasilkan polusi udara

10.  Sumber energi utama di bumi ialah ….
 a. minyak bumi
 b. kerikil bara
 c. matahari
 d. bintang

11.  Air yang mengalir mempunyai energi .…
 a. bunyi
 b. gerak
 c. panas
 d. cahaya

12.  Salah satu manfaat energi panas matahari ialah ……
 a. menjemur pakaian
 b. menarik benda logam
 c. menggerakkan roda
 d. mengubah bentuk benda

13.  Berikut ini ialah sumber energi panas, kecuali ….
 a. bermain gitar
 b. menyalakan setrika
 c. menyalakan kompor
 d. menggosokkan tangan

14.  Termos sanggup memperlambat perpindahan energi ….
 a. bunyi
 b. nuklir
 c. panas
 d. matahari

15.  Energi panas berpindah dari ….
 a.  daerah yang tinggi ke daerah yang rendah
 b.  daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah
 c.  daerah yang rendah ke daerah yang tinggi
 d.  daerah bersuhu rendah ke daerah bersuhu tinggi

16.  Bunyi dihasilkan oleh benda yang ….
 a. bersinar
 b. berwarna
 c. bergetar
 d. bergerak

17. Salah satu sumber energi bunyi ialah ….
 a. angin
 b. matahari
 c. tumbuhan
 d. kepakan sayap lebah

18.  Bunyi tidak sanggup merambat melalui ….
 a. benda gas
 b. benda cair
 c. ruang hampa
 d. benda padat
19.  Bunyi memantul pada permukaan benda ….
 a. cair
 b. gas
 c. keras
 d. lunak

20.  Bunyi lebih cepat merambat melalui ….
 a. udara
 b. air danau
 c. tanah

 d. ruang hampa

Sumber http://gad0-gado.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Makalah Wacana Energi Dan Perubahannya"

Posting Komentar