Berkenalan Dengan Amazon Ec2, Kemudian Apa Bedanya Amazon Ec2 Dengan Vps ?



 maka saya mendapat seperangkat server yang dibayar tunai konfigurasinya sanggup saya ten Berkenalan Dengan Amazon EC2, Lalu apa bedanya Amazon EC2 dengan VPS ?
IaaS AWS


Pada dasarnya, Amazon EC2 merupakan layanan IaaS dari AWS. Kaprikornus dengan memakai layanan ini, maka saya mendapat seperangkat server yang dibayar tunai konfigurasinya sanggup saya tentukan sendiri, tergantung kebutuhan dan budget. Amazon EC2 mempunyai banyak sekali macam spesifikasi server yang sanggup dipilih. Kemudian, sesuai asas cloud computing dimana sebuah layanan sanggup dimodifikasi sewaktu-waktu, maka Amazon EC2 pun demikian. Kita sanggup melaksanakan upgrade atau downgrade sewaktu-waktu.



 maka saya mendapat seperangkat server yang dibayar tunai konfigurasinya sanggup saya ten Berkenalan Dengan Amazon EC2, Lalu apa bedanya Amazon EC2 dengan VPS ?
Pay with coin icon


Perhitungan biaya pada Amazon EC2 juga menganut faham pay-per-use. Hitungan yang dipakai yaitu dengan satuan jam. Misalnya kita memakai selama sebulan, maka hitungan kasarnya akan dihitung selama 750 jam. Berapa biayanya? Sekali lagi, tergantung spesifikasi yang dipilih, dan lokasi dimana EC2 berada.



Ternyata, kita sanggup menentukan lokasi server. Dimanapun lokasi server kita berada, akan tersambung dalam network Amazon sehingga bila suatu ketika akan memindah server tidak begitu merepotkan. Apalagi bila nantinya mau memakai layanan AWS yang lain, menyerupai CloudFront atau S3, maka EC2 akan pribadi terintegrasi dengan mulus. Lokasi terdekat dari Indonesia berada di Singapura. Saya rasa tidak problem alasannya yaitu Singapura juga merupakan gateway Internet untuk wilayah Asia Tenggara. Kaprikornus diakses dari dalam atau luar juga sudah cukup cepat.



Mungkin bila sudah pernah memakai layanan VPS, maka untuk memakai layanan Amazon EC2 ini tidak akan mengalami kesulitan. Kita sanggup menginstall setiap Instance (sebutan untuk satu mesin EC2 yang kita gunakan) dengan sistem operasi yang diinginkan. Setiap Instance akan berfungsi selayaknya kita memakai VPS, untuk melaksanakan administrasi juga telah disediakan control panel yang memungkinkan untuk melaksanakan reboot, shutdown, dan lain sebagainya. Akses SSH juga telah disediakan bila terbiasa mengakses server melalui console. Bagaimana saluran yang lain menyerupai FTP dan Web? Silakan install sendiri saja.






Lalu apa bedanya Amazon EC2 dengan VPS ? Pada dasarnya mereka sama, hanya berbeda dalam segi keilmuan. Amazon EC2 merupakan layanan cloud computing dengan model IaaS. Sedangkan VPS merupakan produk dari virtualisasi. Virtualisasi sendiri merupakan salah satu bab dari cloud computing, sehingga ini merupakan produk yang sama, namun tentunya alasannya yaitu Amazon EC2 merupakan teknologi cloud, sehingga mempunyai fitur embel-embel menyerupai gampang dikonfigurasi (upgrade-downgrade) dan sistem pembayaran yang pay-per-use.





Elastic IPs



Pada ketika Instance EC2 diciptakan, maka kita hanya gres mendapat public DNS yang sangat panjang. Misalnya: ec2-54-254-218-20.ap-southeast-1.compute.amazonaws.com. Selain itu public DNS ini akan berganti setiap kita melaksanakan reboot. Tentunya ini akan merepotkan bila akan membangun sebuah server dengan domain yang terpointing. Solusinya yaitu dengan memakai Elastic IPs yang kemudian di-attach ke Instance EC2 yang kita miliki. Maka nanti Instance EC2 akan mempunyai ip public yang sanggup kita gunakan.



Untuk melaksanakan konfigurasi Elastic IPs ini sanggup Anda lakukan melalui control panel Amazon EC2, jadi masih berada di satu tempat. Urutannya, sehabis Anda menciptakan instance EC2, maka lanjutkan dengan menciptakan Elastic IPs, kemudian attach Elastic IPs tadi ke instance EC2 yang Anda miliki.





Demikian artikel yang dirangkum oleh https://meemcode.blogspot.com/ untuk anda dari : 


https://yogie.id/2014/05/04/berkenalan-dengan-amazon-ec2/

Sumber http://meemcode.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Berkenalan Dengan Amazon Ec2, Kemudian Apa Bedanya Amazon Ec2 Dengan Vps ?"

Posting Komentar