Belajar Menciptakan Game 2D Dengan Löve

LÖVE merupakan sebuah framework dengan memakai Lua yang sanggup dipakai untuk menyebarkan game 2D.

VE merupakan sebuah framework dengan memakai Lua yang sanggup dipakai untuk mengembang Belajar Membuat Game 2D dengan LÖVE


Lua
Dalam Bahasa Portugis Lua berarti Bulan. Untuk Lua sendiri merupakan sebuah scripting language yang bersifat embeddable, ringan, cepat, dan juga tangguh sanggup diandalkan. Lua bersifat portable, yang mana didistribusikan dalam package kecil dengan standard C compiler, yang sanggup dijalankan dalam banyak sekali operating system, mulai dari Windows, Unix, perangkat mobile (semisal Android, iOS, BREW, Symbian), embedded microprocessor (semisal ARM, Rabbit, LEGO MindStorms), dan perangkat lainnya.
Selain sanggup dijalankan diberbagai operating system Lua juga bersifat embeddable, yang mana sanggup dipakai untuk mendukung kinerja software lain. Lua mempunyai dokumentasi API yang baik dan sederhana, yang memungkinkan integrasi dengan source code lainnya yang ditulis dalam bahasa pemrograman yang berbeda, semisal C, C++, Java, C#, Smalltalk, Fortran, Ada, Erlang, dan bahkan bermacam scripting language lain, ibarat Perl dan Ruby.
Untuk warta lebih lanjut silahkan menuju ke link berikut http://www.lua.org.

Download LÖVE
Sebelum memulai menciptakan game 2D dengan memakai LÖVE, perlu untuk mendapat copy dari LÖVE, yang mana sanggup diperoleh di http://www.love2d.org. Terdapat beberapa versi LÖVE untuk operating system Windows, Linux, dan juga MacOS.
Setelah mendapat LÖVE, selanjutnya adalah memilih memakai text editor yang mendukung pemrograman dengan Lua, semisal Notepad++, yang mana selain bersifat gratis juga mempunyai interface yang sederhana.

First LÖVE Hello World
Sebagai permulaan sebelum menciptakan game 2D, terlebih dahulu memahami komponen dasar yang ada dalam LÖVE. Berikut ini adalah teladan sederhana source code Lua untuk LÖVE menampilkan pesan Hello World.


function love.draw()
love.graphics.print('Hello World', 400, 300)
end


Setelah semua persiapan lengkap, berikut ini adalah langkah-langkah menciptakan game 2D dengan LÖVE.
  • Tulis main source code aktivitas game dengan text editor, kemudian simpan dengan extension .lua
  • Selanjutnya compress berkas main.lua tadi dalam archive main.zip
  • Ubah extension berkas, dari main.zip menjadi main.love
  • Jalankan berkas main.love tersebut

Sumber http://lang8088.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Belajar Menciptakan Game 2D Dengan Löve"

Posting Komentar