Cara Menghitung Bmi (Body Mass Index) Dan Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal Menurut Bmi Ideal

Setiap orang intinya ingin mempunyai berat tubuh ideal. Tidak mengherankan kalau banyak orang yang ingin tau untuk mengetahui berat badannya sudah ideal atau belum. Body mass index (BMI) atau indeks berat tubuh ialah besaran yang sering digunakan untuk memilih apakah seseorang mempunyai berat tubuh ideal atau tidak.

Pengertian BMI
Definisi BMI ialah perbandingan antara berat tubuh seseorang dalam kilogram dengan kuadrat tinggi badannya dalam meter yang digunakan untuk memilih status berat tubuh seseorang apakah kurang, ideal, atau berlebihan.

Kegunaan BMI
BMI  digunakan untuk memprediksi status berat tubuh seseorang sampaumur dalam rangka menilai kondisi kesehatan orang tersebut dikaitkan dengan resiko terhadap gangguan kesehatan tertentu. Dengan mengetahui BMI seseorang maka sanggup diperkirakan kadar relatif lemak tubuhnya terhadap berat tubuh idealnya. Mengetahui BMI seseorang juga membantu ia memilih sasaran dalam menambah atau mengurangi berat tubuh dalam perjuangan mendapat berat tubuh ideal.

Cara Menghitung BMI
Untuk menghitung angka BMI seseorang maka perlu diketahui berat tubuh orang tersebut dalam satuan kilogram (kg) dan tinggi badannya dalam satuan meter (m). Setelah diketahui dua besaran tersebut maka BMI sanggup dihitung dengan memakai rumus BMI.  BMI dihitung dengan cara membagi besaran berat tubuh dengan kuadrat tinggi badan. Rumus menghitung BMI ialah sebagai berikut.

Setiap orang intinya ingin mempunyai berat tubuh ideal Cara Menghitung BMI (Body Mass Index) dan Cara Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal

BMI merupakan angka indeks dan bukan merupakan besaran standar sehingga satuan kg/m2 tidak perlu ditulis.

Status Berat Badan Berdasarkan BMI
Interpretasi status berat tubuh menurut angka BMI ialah sebagai berikut.
– BMI kurang dari 18,5 artinya berat tubuh kurang
– BMI antara 18,5 hingga 24,9 artinya berat tubuh normal atau ideal
– BMI antara 25,0 hingga 29,9 artinya kelebihan berat badan
– BMI 30,0 atau lebih artinya kegemukan atau obesitas
Orang yang terlalu kurus atau terlalu gemuk mempunyai resiko lebih tinggi mengalami gangguan kesehatan tertentu dibandingkan dengan orang dengan berat tubuh normal. Orang yang kurang berat badannya atau terlalu kurus disarankan untuk menaikkan berat badannya hingga kisaran berat tubuh ideal. Sebaliknya orang dengan berat tubuh berlebihan atau kegemukan (obesitas) disarankan berupaya untuk menurunkan berat badannya hingga kisaran berat tubuh ideal.

Keterbatasan Penggunaan BMI
Penggunaan BMI untuk menginterpretasi status berat tubuh orang sampaumur bahwasanya mempunyai beberapa kelemahan, antara lain:

  • BMI tidak mempertimbangkan faktor umur sehingga cenderung terlalu kecil untuk orang lanjut usia.
  • BMI tidak mempertimbangkan faktor massa otot sehingga cenderung terlalu besar bagi olahragawan yang berotot contohnya binaragawan.
  • BMI tidak mempertimbangkan faktor jenis kelamin, sehingga mungkin terlalu besar bagi sebagian pria.
  • BMI tidak mempertimbangkan faktor bentuk rangka tubuh, sehingga cenderung berbeda untuk setiap populasi contohnya postur orang Asia berbeda dengan postur orang Eropa dan Afrika.
  • BMI tidak sanggup digunakan untuk orang dengan cacat fisik tertentu, contohnya pada orang yang tidak mempunyai kaki.
  • BMI tidak berlaku untuk perempuan hamil.

Cara Menentukan Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal
Berdasarkan rumus untuk menghitung BMI tersebut di atas, maka sanggup diturunkan rumus untuk memilih berat tubuh ideal menurut BMI ideal sebagai berikut.

Setiap orang intinya ingin mempunyai berat tubuh ideal Cara Menghitung BMI (Body Mass Index) dan Cara Menghitung Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal

Contoh Cara Menghitung BMI dan Cara Menentukan Berat Badan Ideal Berdasarkan BMI Ideal 
Budi mempunyai berat tubuh 80 kg dan tingginya 170 cm maka BMI Budi = (80)/(1,7 x 1,7) = 80/2,89 = 27,68. Berdasarkan kriteria status berat tubuh maka BMI Budi berada diantara 25,0 dan 29,9 yang atinya Budi mempunyai kelebihan berat badan.
Untuk mendapat berat tubuh ideal maka BMI Budi minimal 18,5 dan maksimal 24,9. Dari rumus berat tubuh ideal menurut BMI ideal maka sanggup dihitung berat ideal Budi ialah sebagai berikut.
Berat ideal minimal = 18,5 x (1,7 x 1,7) = 53,46 kg
Berat ideal maksimal = 24,9 x (1,7 x 1,7) = 71,96 kg
Kaprikornus untuk mendapat berat tubuh Ideal Budi harus menurunkan berat badannya minimal 8,04 kg (80 dikurangi 71,96).


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menghitung Bmi (Body Mass Index) Dan Cara Menghitung Berat Tubuh Ideal Menurut Bmi Ideal"

Posting Komentar