10 Tips Wajib Yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran Ke Nusa Penida

Nusa Penida menjadi salah satu daerah wisata paling diincar belakangan ini. Namanya tidak hanya tersohor di kalangan wisatawan dalam negeri namun juga wisatawan mancanegara.


Begitu banyak alasan untuk menyayangi negeri sendiri dan setiap harinya ada saja spot atau lokasi gres yang indah yang menunggu untuk dikunjungi.


Baca Juga: 7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berpetualang di Geopark Ciletuh


Nusa Penida merupakan salah satu dari tiga nusa yang masuk  ke dalam Provisi Bali tepatnya berlokasi di sebelah tenggara Pulau Bali. Selain Nusa Penida ada Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, dan ketiga nusa ini mempunyai keunikan dan keindahannya masing-masing.


Nah, pasti kau bertanya-tanya bagaimana sanggup menuju daerah tersebut dan apa yang perlu dipersiapkan bukan? Karena itu, simaklah beberapa uraian berikut ini 😀


10 Tips Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran ke Nusa PenidaNusa Penida menjadi salah satu daerah wisata paling diincar belakangan ini 10 Tips Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran ke Nusa Penida


Berangkat Melalui Pelabuhan Sanur


Cara yang paling gampang dan murah untuk menjangkau Nusa Penida yaitu melalui Pelabuhan Sanur. Ketika kau sedang berada di Bali dan berencana untuk mengunjungi Nusa Penida maka ada baiknya kau menginap terlebih dahulu atau sedang berada di area Sanur.


Di Pelabuhan Sanur, kau akan menemukan begitu banyak kapal-kapal yang setiap jamnya mengantar para wisatawan menyeberang ke Nusa Penida ataupun Nusa Lembongan. Biaya tiket kapal cepat per orangnya sebesar Rp 100.000 dengan waktu tempuh sekitar 30 – 40 menit.


Selain Pelabuhan Sanur kau juga sanggup menjangkau Nusa Penida melalui Padang Bai, Pelabuhan Benoa, dan Nusa Lembongan sebagai alternatif.


Gunakan Tas Ransel Anti Air, Sendal Jepit, dan Celana Pendek


Kondisi Pelabuhan Sanur tidak menyerupai pelabuhan pada umumnya. Kapal-kapal yang ada tidak merapat di sebuah dermaga melainkan diikat di sebuah kayu yang telah ditancapkan di atas pasir alasannya yaitu kapal harus berada sedikit lebih jauh dari bibir pantai biar sanggup mengapung.


Kamu pun harus berjalan ke arah kapal dengan kaki yang sudah niscaya berair ditambah bila ombak sedang tinggi maka pakaianmu pun sanggup ikut basah. 


Oleh alasannya yaitu itu kau harus sudah siap dengan pakaian dan barang bawaan yang tidak merepotkan kau nantinya. Pastikan kau tidak salah kostum, dan sebisa mungkin bawalah hanya tas ransel dan tas selempang kecil selama kau berada di sana. 


Bila kau tidak mempunyai tas anti air, bungkuslah tasmu dengan kantongan plastik terlebih dahulu bila kau membawa perangkat elektronik yang berharga alasannya yaitu ombak menuju Nusa Penida sangat tinggi dan cipratan air maritim tidak sanggup terelakkan.


Jangan Berkunjung di Bulan Juni


Ini penting, alasannya yaitu saya ingin membuatkan pengalamanku ketika berkunjung ke Nusa Penida pada bulan Juni.


Saat saya dan beberapa temanku berada di atas kapal cepat dari Pelabuhan Sanur menuju Nusa Penida, mesin kapal kami sempat mati beberapa ketika di tengah tingginya ombak-ombak yang sedang menderu. Kami tidak sanggup menutupi kepanikan kami dan untungnya tak usang mesin berhasil dihidupkan kembali.


Baca Juga: Angel’s Billabong, Nusa Penida: Suguhan Alam yang Menakjubkan


Ketika kami datang di Pelabuhan Toyapakeh yang ada di Nusa Penida kami pun menceritakan pengalaman kami kepada Bli yang menjadi tour guide kami dan ia pun membenarkan bahwa bulan Juni yaitu bulan yang sebaiknya dihindari alasannya yaitu angin dari arah Australia sedang menerpa Indonesia khususnya Pulau Bali sehingga tak heran ombaknya begitu besar dan menciptakan mual.


Tidak hanya hingga di situ, kau juga tidak akan menikmati perjalanan yang maksimal terutama bila kau mengunjungi Angel’s Billabong. Untuk mengetahui dongeng yang lebih lengkap, silahkan simak artikel di bawah ini.


Buat Agenda Perjalanan yang Jelas


Tidak sanggup dipungkiri memang, Nusa Penida menyuguhkan begitu banyak keindahan alam yang berbeda-beda dan kau mungkin akan galau mau mengunjungi spot yang mana.


Spot-spot wisata di Nusa Penida dibagi dalam tiga wilayah yakni barat, selatan, dan timur. Kamu sanggup membaca wilayah-wilayah tersebut pada artikel di bawah ini.


Baca Juga: Catatan Perjalanan ke Nusa Penida: The Golden Egg of Bali


Pastikan kau sudah tahu akan ke spot mana biar waktu dan energimu teralokasikan dengan efisien. Setiap wilayah sanggup memakan waktu seharian, jadi bila kau memang ingin menjelajahi semua wilayah baik barat, selatan, dan timur maka kau perlu menghabiskan tiga hari di sana alasannya yaitu ketiga wilayah mempunyai kesulitan dan tantangan masing-masing.


Siapkan Uang Tunai Secukupnya


Nusa Penida yaitu nusa yang paling tertinggal diantara Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dalam hal infrastruktur.


Walaupun ukuran Nusa Penida tergolong yang paling besar dari semuanya namun faktanya nusa ini masih menyerupai hutan rawa dan sulit menjangkau satu daerah ke daerah lain.


ATM  sangat sulit ditemukan di sini dan jikalau pun ada letaknya sangat jauh. Jadi, kau sudah harus memperkirakan berapa uang tunai yang diharapkan selama berada di sana.


Nusa Penida menjadi salah satu daerah wisata paling diincar belakangan ini 10 Tips Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran ke Nusa Penida
Menikmati keindahan Atuh Beach dari hammock yang ada di warung

Pastikan Menyewa Tour Guide Selama di Nusa Penida


Ini hal yang wajib! Kamu harus bersama tour guide ketika berkelana di Nusa Penida. Nusa Penida ini kolam pulau perawan yang lagi cantik-cantiknya dan menyerupai belum tersentuh.


Jalanan yang ada masih sangat buruk terutama di Nusa Penida bab barat dan selatan. Kamu tidak sanggup mengandalkan diri sendiri dengan hanya menyewa motor serta memakai GPS maka duduk perkara selesai.


Perlu kau ketahui juga bahwa signal telekomunikasi tidak berpengaruh dan bahkan hampir tidak ada. Kalaupun ada di area terbuka, yang terdeteksi hanya signal Telkomsel dan itu pun hanya di beberapa spot dengan signal 3G yang lemah.


Demi keselamatan dan kenyamanan  perjalananmu ada baiknya kau mencari tahu wacana tour guide serta paket yang mereka tawarkan selama di Nusa Penida.


Pilih Hotel yang Menyediakan Sarapan atau Setidaknya Memiliki Restoran


Memilih hotel daerah menginap sangat bergantung pada wilayah mana kapal kau akan mendarat apakah wilayah barat atau timur dan wilayah mana yang akan kau jelajahi terlebih dahulu.


Bila kau membeli tiket kapal yang mendarat ke arah barat maka kau harus sudah memesan hotel di wilayah barat.


Saat saya ke sana bersama temanku, kami membeli tiket kapal yang akan mendarat di barat alasannya yaitu kami telah memesan hotel Coco Resort Penida yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Toyapakeh dengan jarak tempuk sekitar 15 menit dengan memakai sepeda motor, untuk lebih terperinci soal hotel maka artikelnya sanggup dibaca di bawah ini.


Baca juga: Coco Resort Penida, Tempatku “Berteduh” Selama Menjelajahi Nusa Penida


Hotel-hotel dengan akomodasi yang tidak mengecewakan sangat jarang di pulau ini apalagi restoran. Sulit sekali! Bila ada juga jaraknya sangat jauh dan kau perlu kendaraan untuk itu.


Karena alasan tersebut maka kau perlu mencari hotel yang sudah menyediakan sarapan sekaligus mempunyai restoran. Sehingga ketika makan malam kau tidak perlu galau harus ke mana.


Disamping itu, di lokasi setiap wisata juga hanya ada warung kecil yang menjual masakan seadanya menyerupai mie goreng, nasi goreng, dan minuman-minuman ringan saja.


Gunakan Motor Saat di Barat dan Mobil Saat di Timur


Karena saya hanya menghabiskan waktu 2 hari satu malam di Nusa Penida maka saya hanya menjelajahi wilayah barat dan timur saja dan itupun tidak final semuanya.


Wilayah barat menjadi jadwal pertama kami alasannya yaitu selain hotel juga berada di wilayah yang sama, spot-spot dari satu wisata ke wisata yang lain tidak begitu jauh.


Baca Juga: 6 Tips yang Perlu Kamu Baca Sebelum Menginjakkan Kaki di Nusa Lembongan


Walaupun wilayah ini lebih erat namun jalanannya sangat buruk dan parah, alasannya yaitu itu lebih aman bila kau memakai sepeda motor dengan ditemani tour guide.  


Di hari kedua kami memakai kendaraan beroda empat alasannya yaitu jarak dari barat ke timur sangatlah jauh ditambah lagi hari itu kami harus check out dari hotel dan perlu daerah untuk menyimpan barang-barang kami alasannya yaitu sore harinya kami akan menyeberang ke Nusa Lembongan.


Pertimbangan kami bukan hanya soal jarak tempuh dan keamanan barang saja namun juga soal energi yang perlu kami simpan untuk penjelajahan berikutnya.


Spot-spot wisata yang ada di wilayah timur jauh lebih menguras energi dibandingkan barat alasannya yaitu kau harus trekking jauh.


Selain itu jarak dari satu spot ke spot yang lain juga jauh sehingga sambil menuju spot lain kau sanggup istirahat di kendaraan beroda empat selama perjalanan.


Bawa Perlengkapan yang Memadai


Jangan lupa untuk membawa perlengkapan traveling-mu menyerupai topi, sendal jepit/sendal gunung, sunblock, kacamata UV, dan hoodie/pasminah alasannya yaitu angin di pulau ini begitu kencang dan matahari begitu terik.


Mengingat ini yaitu perjalanan alam maka sebisa mungkin kau juga mempersiapkan baju ganti bila menuju spot wisata biar kau terhindar dari gangguan menyerupai masuk angin akhir keringat yang kering di tubuh ataupun baju berair akhir bermain di pantai.


Kondisi Tubuh Harus Fit


Kondisi fisik kau sangat diuji di sini maka pastikan kau dalam kondisi yang prima. Kamu akan banyak melaksanakan trekking yang menguras tenaga khususnya di wilayah timur.


Bawalah obat-obatan eksklusif dan juga vitamin serta hindari spot-spot yang kau rasa agak tidak mungkin untuk dijangkau dan jangan memaksakan diri.


Nusa Penida menjadi salah satu daerah wisata paling diincar belakangan ini 10 Tips Wajib yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran ke Nusa Penida
Aku bersama ketiga temanku berpose di Bukit Teletubbies

Baca Juga: 4 Informasi Penting Sebelum Berkunjung ke Nusa Ceningan




Sekian tips yang sanggup saya bagikan kepada teman-teman yang akan atau berencana mengunjungi Nusa Penida, semoga tips tersebut cukup terperinci dan bermanfaat 😀 Happy traveling, guys!



Sumber https://ladypinem.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Tips Wajib Yang Perlu Diketahui Sebelum Plesiran Ke Nusa Penida"

Posting Komentar