Kandungan Gizi Serta Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan Tubuh

 tetapi umbi garut mempunyai banyak manfaat bagi badan Kandungan Gizi Serta Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan Tubuh
Walaupun tidak sepopuler singkong, kentang, maupun ubi jalar, tetapi umbi garut mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Umbi garut, dari namanya mungkin Anda akan menebak umbi ini berasal dari Garut, padahal nyatanya tidak. Di setiap daerah, umbi garut (Maranta arundinacea) mempunyai nama lokalnya masing-masing, ibarat sagu belanda, irut, angkrik, gaerut, peda-peda, sagu bamban, hula moa, dan di luar negeri dikenal sebagai arrowroot. Umbi garut mempunyai daun yang unik, sehingga sering juga dijadikan tumbuhan hias, walaupun daunnya juga sering kali dijadikan pembungkus makanan.


Di ketika ekspresi dominan pancaroba atau di ketika gagal panen, umbi garut biasanya dijadikan cadagan makanan. Tidak hanya gagal panen saja, ketika harga-harga materi pokok naik, umbi garut pun bisa dijadikan kuliner pokok pengganti nasi.


Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Umbi Gadung Beserta Bahayanya


Kandungan Gizi Umbi Garut


Kandungan zat di dalam umbi garut cukup bervariatif, di antaranya yaitu protein, lemak, serat, air, pati, zat besi, magnesium, abu, fosfor, vitamin B6, kalium, folat, riboflavin, dan tiamina.


Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan Tubuh


Berikut manfaat umbi garut sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh:


1. Umbi garut bisa mencegah anemia


Umbi garut merupakan sumber energi. Kandungan karbohidrat, lemak, dan protein dalam umbi garut merupakan sumber energi yang kaya bagi tubuh. Kandungan zat besi yang tinggi dalam umbi garut sanggup memperlancar peredaran darah dan mencegah anemia.


2. Umbi garut sebagai obat luka luar


Bisa pula umbi garut ini dijadikan obat luka. Caranya yaitu dengan mencampurkan air dengan pati umbi garut. Setelah kental, gabungan itu sanggup dijadikan salep oles untuk menyembuhkan luka luar.


4. Umbi garut baik untuk ibu hamil


 tetapi umbi garut mempunyai banyak manfaat bagi badan Kandungan Gizi Serta Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan Tubuh
Umbi garut juga bisa diolah menjadi tepung untuk dijadikan sebagai materi pembuatan kue.

Kandungan asam folat dalam umbi garut bisa memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan otak, terutama pada bayi dan janin.


5. Umbi garut menjaga kesehatan pencernaan


Jika Anda mempunyai dilema dengan pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi umbi garut. Kandungan serat yang terdapat di dalam umbi garut bisa melancarkan pencernaan dan menghindarkan diri dari tanda-tanda gangguan pencernaan ibarat sembelit, wasir, dan diare.


6. Umbi garut dengan aneka macam manfaat lainnya


Selain untuk kesehatan, umbi garut pun sanggup diolah menjadi tepung; dijadikan pengenyal dan pengental makanan; dijadikan bedak; dijadikan materi pembuat kertas. Selain itu ampas dari umbi garut pun sanggup dijadikan pakan ternak, sehingga tidak ada bab dari pemrosesan umbi garut ini yang terbuang.


Baca juga: Umbi Gembili, Alternatif Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes


Itulah manfaat dari umbi garut yang perlu Anda ketahui. Walaupun banyak manfaatnya, tetapi umbi garut masih jarang dibudidayakan untuk dijual secara umum, lantaran ketenarannya masih kalah bersaing dengan umbi-umbi yang lainnya. Semoga gosip ini bermanfaat bagi Anda.


Lihat di sini produk umbi garut kami.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kandungan Gizi Serta Khasiat Umbi Garut Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar