Contoh Penelitian Kuantitatif

Contoh Penelitian Kuantitatif yang dipaparkan di sini dimaksudkan untuk menjadi acuan pembaca dalam mencari wangsit riset kuantitatif yang akan dilakukan. Postingan ini juga didedikasikan untuk memberi citra dasar pada pembaca mengenai menyerupai apa penelitian kuantitatif itu dan dimana perbedaannya dengan penelitian model lainnya seprti kualitatif atau campuran.


Baca juga: Contoh Metode Penelitian







Penjelasan artikel ini berupa klarifikasi dari teladan penelitian kuantitatif yang sudah pernah dilakukan oleh beberapa peneliti sebelumnya. Saya mengumpulkan beberapa judul riset yang mengaplikasikan metode kuantitatif dan memodifikasi sedikit guna kepentingan pembelajaran.


Pertanyaan yang sering muncul dikala mempelajari teladan penelitian kuantitatif ialah apakah riset kuantitatif mempunyai tipikal perbedaan tertentu dengan riset kualitatif. Dalam aspek metodologi tentu saja berbeda. Bahkan perbedaannya sangat substansial.


Contoh Penelitian Kuantitatif yang dipaparkan di sini dimaksudkan untuk menjadi acuan  Contoh Penelitian Kuantitatif


Di postingan ini saya akan memaparkan teladan penelitian kualitatif melalui judulnya saja. Meskipun judul penelitian tidak mutlak sanggup dipakai untuk mengidentifikasi jenis atau pendekatan penelitian yang diguakan, riset kuantitatif pada umumnya mempunyai tipikal judul yang khas.


Salah katu karakteristik judul riset kualitatif yang sering muncul ialah menyerupai ”Pengaruh… Terhadap…”. Meski tidak semuanya demikian, dampak suatu variabel terhadap variabel lainnya sering ditulis secara eksplisit dalam judul penelitian kuantitatif.


Baca juga: Pengertian Variabel Penelitian







Judul teladan penelitian kuantitatif yang ditulis di sini tidak seluruhnya didahului oleh kata ”pengaruh” dan diikuti ”terhadap”. Tipikal judul tersebut masih eksis namun sekarang dipandang klasik. Contoh penelitian kuantitatif dalam postingan ini merupakan teladan penelitian kuantitatif dalam bidang ilmu sosial. Berikut beberapa contohnya:


Contoh penelitian kuantitatif


Dilema Pendidikan dan Pendapatan di Kabupaten Boyolali


Evaluasi Program Pemberdayaan Usaha Mina Pedesaan pada Masyarakat Pesisir Jawa Tengah


Partisipasi Masyarakat Dalam Program Bank Sampah: Model Logit


Transformasi Struktur Sosial dan Sektor Unggulan di Kabupaten Bumiayu Periode 2010-2015


Transformasi Pekerja Informal ke Arah Formal: Analisis Deskriptif dan Regresi Logistik


Partisipasi Tenaga Kerja Perempuan dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga


Pengaruh Perkembangan Sektor Perdagangan, Hotel Dan Restoran Kota Pekalongan Terhadap Sektor Pertanian Daerah Lainnya di Jawa Tengah


Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pengentasan Kemiskinan Di Maluku: Analisis FEM Data Panel


Dampak Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS)Terhadap Tingkat Putus Sekolah Di Indonesia: Analisis DID


Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Terhadap Pertumbuhan Usaha Ekonomi Rakyat Di Teminabuan Provinsi Papua Barat (Studi Kasus Di Distrik Teminabuan, Kari Dan Aini)


Analisis Efektivitas Pelaksanaan Program Raskin Di Kota Banda Aceh


Perbandingan Ketepatan Model Logit Dan Probit Dalam Memprediksi Kecenderungan Tingkat Hunian Kamar Usaha Akomodasi Di Purworejo 2017


Pertumbuhan Penduduk, Konversi Lahan, dan Ketahanan Pangan di Kabupaten Kebumen


Pengaruh Konflik Peran, Kompetensi, dan Motivasi Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Inspektorat Kota Jakarta


Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Hubungan Pengalaman Berbelanja Secara Online Dengan Perilaku Pasca Pembelian


Analisis Dinamika Kemiskinan (Poverty Dynamics) Di Sorong Selatan Berdasarkan Data Susenas Panel 2013-2017


Modelling Demand Side Kelas Menengah Pemuda Kota Surakarta


Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Batubara Pada PT. Dinamo Kuantiva Jak


Konsumsi Rokok Berdasarkan Karakteristik Individu di Indonesia


Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Disparitas Pendapatan Antardaerah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Jawa Timur


Analisis Indeks Pembangunan Manusia Pada 5 Wilayah Hasil Pemekaran Di Sulawesi Tenggara


Dampak Serikat Buruh Terhadap Tingkat Upah Buruh Sektor Swasta di Indonesia


Analisis Pengaruh Jumlah Tanggungan Keluarga, Umur, Dan Status Pekerjaan Terhadap Pendapatan Keluarga Wanita Single Parent


Hubungan Ketenagakerjaan Dan Perubahan Struktur Sosial-Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat


Kontribusi Pelaksanaan Ritual Hindu Terhadap Kesempatan Kerja Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jaw timur


Keterkaitan Lembaga Keuangan Mikro (LKM), Usaha Mikro dan Kecil (UMK) serta Kemiskinan di Indonesia Tahun 2017








Bila kita cermati daftar judul di atas, kita sanggup dapati sebuah indikasi atau kecenderungan bahwa riset kuantitatif membahas dan menganalisis duduk kasus dalam ruang lingkup makro. Hal ini berbeda dengan kebanyakan riset kualitatif yang membahas dan menganalisis warta pada aspek yang lebih mikro.


Salah satu pendapat yang beredar di kalangan para mahir metodologi ialah penerapan metode kuantitatif dan kualitatif bahwasanya bersifat komplementer. Artinya pendekatan yang satu berpotensi saling melengkapi pendekatan yang lain.


Baca juga Metode Penelitian: Pendekatan, Jenis dan Contohnya







Pendukung metode riset kombinasi atau gabungan sering melantangkan bunyi demikian. Namun dalam debat metodologi selalu terdapat kritik yang menyatakan bahwa penerapan metodologi tergantung pada rumusan kasus yang diangkat.


Pada kenyataannya memang suatu rumusan kasus tertentu hanya sanggup dijawab dengan metode riset tertentu. Peneliti harus jeli dalam menentukan metode dikala melaksanakan penelitian sebab metode yang keliru tidak akan menghasilkan kualitas riset yang baik.


Baca juga: Contoh Proposal Penelitian



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Contoh Penelitian Kuantitatif"

Posting Komentar